Tenjinbashisuji

Tenjinbashisuji, Kompleks Pertokoan Serba Murah di Osaka

DSC01914

Apakah Anda tahu kalau Osaka memiliki kompleks pertokoan terpanjang nomor satu di Jepang? Kompleks pertokoan itu adalah Tenjinbashisuji-shoutengai yang terletak di Kita-ku, Osaka. Kepopuleran kompleks pertokoan ini sempat meredup tapi kemudian berjaya kembali berkat kerjasama para pemilik toko di sini. Sekarang pun Tenjinbashisuji masih banyak dikunjungi masyarakat Osaka untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Osaka memang terkenal dengan Nanba atau kuil Tennoji. Tetapi, apabila Anda tertarik untuk melihat keseharian warga Osaka, pusat pertokoan Tenjinbashisuji-shoutengai lah tempatnya.

Nah, langsung saja kami perkenalkan pada Anda tempat seperti apa pusat pertokoan Tenjinbashi-shoutengai itu.

Kompleks Pertokoan di Osaka yang Selalu Ramai

Kompleks pertokoan ini banyak dikunjungi oleh warga setempat. Dari barang kebutuhan sehari-hari hingga sandang seperti sepatu dan pakaian dapat dibeli dengan harga terjangkau.

DSC019041

Di sini yukata dijual dengan harga cukup murah. Kualitasnya berbeda tergantung harganya, tapi bila dibandingkan dengan di tempat lain harga di sini terbilang terjangkau.

DSC018961

Selain itu di sini juga terdapat banyak toko obat. Mereka saling berlomba menarik pembeli dengan menjual obat-obatan dan alat kesehatan dengan harga murah.

Tidak perlu khawatir apabila Anda merasa lapar. Di sini banyak terdapat restoran dan bar dengan harga terjangkau. Ada juga jajanan khas Jepang seperti kushi-katsu (daging goreng), okonomiyaki, takoyaki, bahkan restoran sushi.

DSC01911

Selain makanan jadi, di sini juga tersedia ikan segar.

Di sini juga banyak terdapat bar. Pemandangan para pekerja atau para karyawan yang sedang minum sambil asyik mengobrol adalah pemandangan biasa di sini. Selain bar, juga terdapat banyak kedai ramen. Kedai-kedai ramen di sini juga pernah dimuat di buku dan majalah sebagai salah satu keistimewaan di area ini.

Tempat ini dapat diakses dari beberapa stasiun. Di area sekitar Tenjinbashisuji-shoutengai juga terdapat beberapa kompleks pertokoan lain. Benar-benar surga belanja bagi penduduk lokal.

DSC01899

Ada juga supermarket “Tamade” yang terletak di jalan 4 chome. Di sini menjual banyak barang-barang kebutuhan sehari-hari yang murah meriah.

Berjalan dari Ujung ke Ujung

Kompleks pertokoan Tenjinbashisuji-shoutengai terbentang sepanjang 2,6 km dari utara ke selatan, dari jalan 1 chome hingga 7 chome! “Chome” adalah satuan yang biasa digunakan di Jepang untuk menyebutkan nama jalan. Bahkan kompleks pertokoan ini didaulat sebagai kompleks pertokoan terpanjang di Jepang. Kalau Anda berhasil berjalan dari ujung sampai ke ujung lainnya, Anda dapat menerima sertifikat “Manpojo” dari pengelola kompleks pertokoan ini.

Salah satu staf kami juga mencoba melakukannya, berjalan dari jalan 1 chome hingga jalan 7 chome melewati sekitar 600 toko di dalam kompleks pertokoan ini.

DSC01878

Caranya, pertama-tama kita harus meminta kartu cap. Pada hari kerja yaitu hari Senin-Sabtu, kita bisa memintanya di toserba “Nishidai-shouten”. Namun pada hari Minggu dan hari libur nasional, kita dapat mendapatkannya di toko kue “Atelier Alcyon”.

Jadi perjalanan Anda dapat dimulai baik dari jalan 1 chome maupun jalan 7 chome. Staf kami memulainya dari sisi utara yaitu dari jalan 7 chome.

DSC01880

Ini adalah pintu masuk pusat perbelanjaan di jalan 6 chome dilihat dari jalan 7 chome.

Dari pertengahan jalan 1 chome hingga jalan 6 chome dilengkapi dengan atap, jadi tidak perlu khawatir kehujanan.

DSC01886-e1440402182874

Setiap musim panas, di sini juga diadakan festival “Tenjin-matsuri”. Di tahun 2015, festival dilaksanakan pada tanggal 25 Juli. Foti di atas diambil pada tanggal 20 Juli 2015. Yang menarik dari festival ini adalah “Girl mikoshi” (mikoshi=semacam tandu yang diarak saat festival) yang dipanggul oleh wanita.

Pada umumnya di festival-festival di Jepang, omikoshi dipanggul oleh pria tapi tidak dengan omikoshi di festival Tenjin-matsuri. Omikoshi di sini dipanggul oleh wanita. Tradisi yang bernama “Tenjin-matsuri josei mikoshi” ini telah memiliki sejarah lebih dari 30 tahun.

Jalan dari 6 chome hingga 4 chome agak sempit, kita akan berpapasan dengan banyak orang.

DSC01907

Sambil melihat-lihat, akhirnya staf kami tiba di jalan 3 chome. Nah, di sini kita harus meminta cap di Toko porselen “Tamaichi doi” sebelum melanjutkan perjalanan.

tenjin_-1024x682

Kita dapat meminta cap di toko yang terdapat tulisan seperti yang ditandai pada gambar di atas.

DSC01916

Di sebelah timur kompleks pertokoan ini terdapat kuil Osaka Tenmangu yang memuja Sugawara no Michizane. Sugawara no Michizane adalah seorang penyair dan tokoh politis yang diagungkan di zaman Heian. Di sini juga terdapat “Hanjotei” di mana kita dapat menikmatirakugo (dongeng khas Jepang). Lentera besar ini adalah ciri khas dari tempat ini.

DSC01918

Setelah memasuki jalan 1 chome, kita bisa mendapatkan cap berikutnya di toko obat “Ogatenjin” yang dapat ditempuh dengan 1 menit jalan kaki dari mulut jalan 1 chome. Tapi pada hari Minggu kita harus meminta cap ini di kuil Osaka Tenmangu.

DSC01920

Selain menerima cap, kita juga dapat menukarkan kartu berisi cap yang kita kumpulkan di toko ini untuk menerima sertifikat “Manpojo”. Di sertifikat ini tertulis “Okini!” dalam huruf Jepang, artinya “terima kasih”.

Itulah kompleks pertokoan Tenjinbashisuji.

Tempat ini cukup menarik untuk dikunjungi. Untuk sekedar belanja dan jalan-jalan menikmati hiruk-pikuk Osaka sekaligus melihat aktivitas di kuil Osaka Tenmangu. Jangan lupa sempatkan untuk mampir kalau Anda berkesempatan berkunjung ke Osaka.

Informasi

Kompleks Pertokoan Tenjinbashisuji

Stasiun terdekat : Osaka-shi Eiji Subway di st. Tenjinbashisuji-gochome (dilewati jalur kereta Hankyu), st. Ogimachi, st. Minamimorimachi, st. JR Osaka Tenmangu (Tozai Line), st. Tenma (Osaka Loop Line)
Akses : Jalan kaki kurang lebih 1-5 menit dari masing-masing stasiun.
Website resmi
Kompleks Pertokoan Tenjinbashisuji 1, 2, 3 chome
Himpunan Pedagang Kompleks Pertokoan Tenjinbashisuji 4, 5, 6 chome